Kamis, 11 Oktober 2012

Cara Menulis/ Membuat Artikel yang baik & benar



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan artikel ini dengan tepat waktu.

Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah artikel yang berjudul “ cara menulis atau membuat artikel yang baik dan benar. Semoga memberikan manfaat untuk kita semua.

Dalam penyusunan laporan ini tentu banyak kekurangan dan kesalahan, oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca demi sempurnanya laporan ini.



Bekasi, 11 Oktober
Penulis



Fajar Tri hastomo





DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR                         ..........................................  i
DAFTAR ISI                                     ........................................... ii
BAB 1 PENGERTIAN MENULIS      .......................................... 1
BAB 2 CARA MENULIS ARTIKEL YANG & BENAR ............... 2
DAFTAR PUSTAKA                          .......................................... 3




Cara Menulis atau Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Pengertian Menulis
Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan, misalnya memberi tahu, meyakinkan, atau menghibur.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Menulis adalah membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dsb), anak-anak sedang belajar, melahirkan pikiran atau perasaan (spt mengarang, membuat surat).

Menurut (Angelo, 1980:5), Menulis merupakan suatu bentuk berpikir, tetapi justru berpikir bagi membaca tertentu dan bagi waktu tertentu. Salah satu tugas terpenting sang penulis adalah menguasai prinsip-prinsip menulis dan berpikir, yang akan dapat menolongnya mencapai maksud dan tujuannya. Yang paling penting di antara prinsip-prinsip yang dimaksudkan itu adalah penemuan, susunan, dan gaya. Secara singkat belajar menulis adalah belajar berpikir dalam/dengan cara tertentu.

Henry Guntur Tarigan (1986: 15), menjelaskan
Pengertian Menulis sebagai kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai.

Gebhardt dan Dawn Rodrigues (1989: 1) menjabarkan bahwa Menulis merupakan salah satu hal paling penting yang kamu lakukan di sekolah. Kemampuan menulis yang baik memegang peranan yang penting dalam kesuksesan, baik itu menulis laporan, proposal atau tugas di sekolah.

McCrimmon dalam St. Y. Slamet (2008: 141) mengungkapkan pengertian menulis sebagai kegiatan menggali pikiran dan perasaan mengenai suatu subjek, memilih hal-hal yang akan ditulis, menentukan cara menuliskannya sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah dan jelas.



Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menulis artikel yang baik dan benar. Berikut ini cara menulis atau membuat artikel yang benar :

1.     Menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
2.     Artikel mempunyai struktur
3.     Tulisan pada artikel harus berbobot dan memberikan manfaat bagi pengunjung dan pembaca.

Selain Dalam menulis artikel Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1.     No Plagiat
Tulislah artikel yang original jauh lebih dihargai oleh pengunjung. Usahakan Anda tidak menyalin artikel dari web lain (copy-paste) dari situs lain, akan berakibat mengurangi kredibilitas web Anda dimata pengunjung.

2.     Judul Yang Menarik
Judul yang menarik akan memberikan banyak dampak positif, seperti akan memudahkan mereka mengingat web Anda.

3.     Artikel Yang Konsisten
Dalam menulis artikel usahakan sesuai dengan topik yang Anda tuju dan selalu konsisten.

4.     Menggunakan Keyword yang tepat
Dengan keyword yang tepat dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke web Anda sehingga pengunjung betah berlama lama di web anda.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar