Selasa, 19 Maret 2013

KESENIAN



Seni dan Kesenian
   Seni pada mulanya merupakan ekspresi dari kreatifitas manusia, tiap manuasia mempunyai karakter berbeda-beda yang memperkaya arti dan makna dari ekpresi manusia, dengan berkembangnya zaman kreatifitas dari ekspresi ini dikembangkan menjadi disiplin ilmu tersendiri. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atas kreatifitas mereka, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih karakter individu, danpergunakan dalam suatu media, pandangan dan penilaian akan nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat media.
   Penyampaian pandangan seni baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin dengan menggunakan media tersebut. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain di masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta).
   Dengan diarahkannya seni kedalam ilmu dapat mempermudah kalayak umum untuk mempelajari dan mendalami seni dan kesenian lewat pembelajaran ekspresi diperkaya dengan kreatifitas yang diinginkan, dewasa ini seni bukan lagi didasari oleh bakat atau minat namun kesenian saat ini dapat dipelajari diberbagai tingkat pendidikan dari tingakat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar